Wed. Feb 1st, 2023

Kasus gagal bayar dalam industri fintech P2P atau peer-to-peer lending sepertinya menjadi hal yang lumrah dan sering terjadi. Banyak diantara nasabah yang terkena masalah gagal bayar sehingga namanya terkena blacklist dari BI checking atau pun juga daftar hitam OJK. Hal itu tentunya jadi salah satu yang merugikan karena kemudian nasabah yang sudah masuk daftar hitam. Dan tidak bisa mengajukan pinjaman lagi. Baik ke pinjol ataupun juga ke perbankan leh karena itu jika misalnya Anda saat ini terkena daftar hitam karena pernah gagal bayar pinjol. Sebaiknya ketahui bagaimana cara hapus data pinjol gagal bayar agar nama anda kembali bersih.

Masalah gagal bayar di aplikasi pinjol ini biasanya memang terjadi disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satu faktor diantaranya adalah karena besarnya tingkat suku bunga yang dikenakan sehingga membuat tagihan pinjaman online itu semakin membengkak. Selain itu banyak juga kemudian para peminjam atau ke juga debitur yang melakukan pinjaman tanpa perhitungan matang. Kesalahan ini juga tidak sepenuhnya disebabkan oleh pihak debitur atau pun juga peminjam, tapi pihak perusahaan pinjol berperan melakukan kesalahan juga. Salah satu kesalahan yang dilakukan oleh perusahaan pinjol adalah di mana mereka tidak jeli dalam menyeleksi para peminjamnya atau credit scoring.

Panduan dan Tutorial Cara Hapus Data Pinjol Gagal Bayar

Sebetulnya tidak ada cara singkat tentang bagaimana cara hapus data pinjol gagal bayar itu. Anda tidak bisa menghapus data dengan meminta orang dalam atau kenalan yang bekerja di di OJK ataupun juga Bank Indonesia. Anda tetap harus melunasi pinjaman online yang anda sudah pernah pinjam. Yang namanya pinjaman pastinya harus selalu dibayar apapun itu termasuk juga pinjaman secara online. Adapun beberapa langkah yang mungkin bisa dilakukan sebagai upaya untuk menghapus data pinjol gagal bayar yang sudah menjerat anda, setidaknya berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Hubungi layanan pinjol

Jika sebelumnya mungkin anda mengelak dan lari dari tagihan depkolektor pinjol yang anda sudah pernah pinjam, nah sekarang ada baiknya anda Coba hubungi layanan penjual tersebut. Silakan hubungi layanan tersebut melalui beberapa pilihan kontak yang tersedia untuk kemudian membicarakan pinjaman online Anda sekaligus juga meminta bantuan untuk mencari solusi.

2. Negosiasi untuk restrukturisasi pinjaman

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan membicarakan negosiasi sekaligus juga restrukturisasi agar kemudian Anda bisa meminta keringanan pembayaran utang yang sudah diajukan di aplikasi pinjol tersebut. Kalau perlu disini anda bisa konsultasi terlebih dahulu dengan teman atau siapa saja yang memang jago soal negosiasi.

3. Mencari pinjaman tanpa bunga

Cara selanjutnya adalah Anda harus pikirkan untuk mencari pinjaman tanpa bunga untuk bisa menyelesaikan hutang pinjaman online tersebut. Misalnya Anda bisa berhutang kepada teman ataupun juga kerabat yang siap meminjamkan Anda sejumlah uang. Setidaknya itu akan membantu anda untuk segera melunasi hutang pinjol agar bunganya tidak terus membengkak.

4. Melunasi semua tunggakan dan simpan bukti pembayaran

Silakan kalau memang Anda sudah memiliki uang untuk kemudian melunasi semua tunggakan yang tersisa. Selain itu juga simpan bukti pembayaran dari pelunasan tersebut untuk kemudian nanti digunakan jika diperlukan.

Jadi itulah sebetulnya beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan sebagai bagian dari cara hapus data pinjol gagal bayar. Artinya tidak ada cara singkat untuk menghapus melalui orang dalam ataupun juga cara yang tidak benar. Semua hutang pasti akan ditagih dan harus dibayar, oleh karena itu cara paling tepatnya pastinya adalah dengan membayar tunggakan pinjaman online tersebut.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *